Jumat, 12 April 2013

UTS 2012 / 2013


1.    Uraikan secara singkat dan padat proses pembelajaran yang kelompok anda RENCANAKAN. Beri ulasan atas uraian tersebut berdasarkan tinjauan paedagogi praktis abad 21
Jawab:  

konsep mengajar: alamat, mengajar vanak usia dini di sekitar daerah jln,berdikari gang /langgar gang turi
jumlah anak       :8 orang anak berusia sekitar10-12 tahun, 1 orang anak kelas 6sd, dan 1 orang ank berusia 5 thun
nama-nama        :yuni, dinda,yudi, fahmi,melisa, sisca, gadia, lia, zia, eva
pelaksanaan       :mengajarkan pengenalan angka dan berhitung dengan card flash
reward              :berupa buku tulis, pensil, makanan
durasi mengajar:1kali pertemuan selama 1 jam
plaining mengajar:kamis 11 april 2013
alat dan bahan mengajar:
·        Kamera
·        Spidol
·        Karton
·  Flash card (dari karton) berisi cirri-ciri benda dan potongan bahasa inggris
·        Gunting
·        Perekat/lem
Selama proses mengajar dan belajar di laksanakan, khususnya di kelompok kami tidak ada yang menggunakan TIK melain kan hanya menggunakan flash card, selain itu kami juga menggunakan potongan kertas karton di mna didalamnya terdapat tulisan dan angka, kami menggunakan cara ini agar supaya seorang anak yang kami ajarkan agar mengingat lebih mudah dan cepat. Seperti halnya dalam pedagogi yang abstrak itu harus mampu mewujudkan sesuatu yang menjadi sesuatu yang kongkret. Pedagogi tidak sekedar harus dipahami, melainkan juga bagaimna cara mengaplikasikannya. Hal inilah yang disebut sebagai pedagogi praktis.

   2.Uraikan secara singkat dan padat tentang HASIL OBSERVASI dari proses pembelajaran kelompok anda. Beri evaluasi atas uraian tersebut berdasarkan tinjauan paedagogi, tik dan fenomena kontemporer.
Jawab:
Sebelum pengajaran pembelajaran dimulai saya mencoba untuk mengambil hati adik-adik agar terdapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan efektif ketika mereka memahami apa yang mereka pelajari. Selama pembelajaran pengajaran dimulai saya rasa cukup menyenangkan dikarenakan respon dari adik-adik yang telah kami ajarkan cukup baik dan lucu-lucu, pada saat kami menjelaskan pelajaran matematika saya pribadi melihat salah satu adik yang menggangguin temannya yang mencoba memperhatikan penjelasan yang sedang kami beri tau pada saat itru teman yang diganggunya merasa terganggu saya terus memperhatikan tingkah laku mereka dan saya mencoba untuk mengamankan situasi agar teman-teman yang lain tidak terganggu, ada salah satu diantara mereka saya rasa cukup baik dalam hal belajar tetapi pasif untuk bertanya, setelah itu kmi meminta kepada adi-adik mencoba berhitung pada saat itu ada seorang adik yang berkata “kakak enaklah biasa pake HP ngitungnya” nahhh,,,, dari kejadian ini saya dapat menyimpulkan kemajuan jaman elektronik semakin membarak, sehingga anak-anak yang masih umur 10 thun sudah tau cara menggunakan hitungan dengan memakai alat bantu (HP). Ada halnya diman TIK itu dipandang positif. Dimana Teknologi informasi dan komunikasi memiliki pengaruh besar pada dunia dimna orang-orang mudah hidup. Demikian pula e-learning, yaitu belajar yang didukung atau difasilitasioleh TIK memiliki potensi yang cukup besar untuk mendukung pendekatan pengajaran dari hal ini sudah terlihat bahwa pembelajaran yang didukung dengan TIK bermanfaat dalam beberapa hal.
3.   Tuliskan pandangan anda tentang pembelajaran pada perkuliahan Paedagogi di F. Psikologi USU semester genap TA. 2012/2013 berdasarkan tinjauan Paedagogi Teoritis dan Prinsip-prinsip Paedagogis
Jawab:  menurut saya proses tentang pembelajaran pedagogi ini sudah cukup baik karena apa yang sudah saya pelajari saya lakukan sudah tertera dengan saya kaitkan dengan pembahasan yang ada di buku, karena didalam buku dikatakan proses belajat mengajar yang terpadu berfokua pada pembentukan kemampuan, ketrerampilan, dan kepribadian siswa secara seutuhnya. Hal ini terbukti dari dampak-dampak yang di berikan dari hasil melaksanakn tugas-tugas yang di berikan dosen pengampuh, dimna tuga-tugas tersebut bias mengembangkan kreativitas,dan keterampilan berkomunikasi yang lebih baik lagi. Selain itu perkuliahan pedagogi berlangsung dengan cara berpusat pada siswanya dimmana maksudnya siswa diberi tugas oleh dosennya untuk mewawancara guru di sekitar siswanya, agar mereka tau seorang guru itu mempunyai beberapa kreteria tertentu pada saat mengajar seorang anak didiknya, sedangkan kegiatan tatap muka maksudnya seorang mahasiswa dan dosen sering bertemu pada saat perkuliahan berlangsung, dan terjadilah interaksi antara dosen dengan mahasiswa,selanjutnya didalam perkuliahan pedagogi ini juga terdapat pendidikan virtual dimana seorang siswa di beri kesempatan untuk dapat atw sering menggunakan jaringan social atu pun bias disebut dengan jaringan internet, agar dapat tau perkembangan jaman semakin meningkat agar supaya tidak ketinggalan jaman.
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar