1.
Uraikan secara singkat dan padat
proses pembelajaran yang kelompok anda RENCANAKAN. Beri ulasan atas uraian
tersebut berdasarkan tinjauan paedagogi praktis abad 21
Jawab:
konsep mengajar: alamat, mengajar vanak usia dini di sekitar daerah jln,berdikari
gang /langgar gang turi
jumlah anak :8 orang anak
berusia sekitar10-12 tahun, 1 orang anak kelas 6sd, dan 1 orang ank berusia 5 thun
nama-nama :yuni, dinda,yudi, fahmi,melisa, sisca, gadia, lia, zia, eva
pelaksanaan :mengajarkan pengenalan angka dan berhitung dengan card flash
reward :berupa buku
tulis, pensil, makanan
durasi mengajar:1kali pertemuan selama 1 jam
plaining mengajar:kamis 11 april 2013
alat dan bahan mengajar:
·
Kamera
·
Spidol
·
Karton
·
Flash card (dari karton) berisi
cirri-ciri benda dan potongan bahasa inggris
·
Gunting
·
Perekat/lem
Selama proses mengajar dan belajar di laksanakan, khususnya di kelompok
kami tidak ada yang menggunakan TIK melain kan hanya menggunakan flash card,
selain itu kami juga menggunakan potongan kertas karton di mna didalamnya terdapat
tulisan dan angka, kami menggunakan cara ini agar supaya seorang anak yang kami
ajarkan agar mengingat lebih mudah dan cepat. Seperti halnya dalam pedagogi
yang abstrak itu harus mampu mewujudkan sesuatu yang menjadi sesuatu yang
kongkret. Pedagogi tidak sekedar harus dipahami, melainkan juga bagaimna cara
mengaplikasikannya. Hal inilah yang disebut sebagai pedagogi praktis.
2.Uraikan secara singkat dan padat
tentang HASIL OBSERVASI dari proses pembelajaran kelompok anda. Beri evaluasi
atas uraian tersebut berdasarkan tinjauan paedagogi, tik dan fenomena
kontemporer.
Jawab:
Sebelum pengajaran pembelajaran dimulai saya mencoba untuk mengambil hati adik-adik agar terdapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan efektif ketika mereka memahami apa yang mereka pelajari. Selama pembelajaran pengajaran dimulai saya rasa cukup menyenangkan dikarenakan respon dari adik-adik yang telah kami ajarkan cukup baik dan lucu-lucu, pada saat kami menjelaskan pelajaran matematika saya pribadi melihat salah satu adik yang menggangguin temannya yang mencoba memperhatikan penjelasan yang sedang kami beri tau pada saat itru teman yang diganggunya merasa terganggu saya terus memperhatikan tingkah laku mereka dan saya mencoba untuk mengamankan situasi agar teman-teman yang lain tidak terganggu, ada salah satu diantara mereka saya rasa cukup baik dalam hal belajar tetapi pasif untuk bertanya, setelah itu kmi meminta kepada adi-adik mencoba berhitung pada saat itu ada seorang adik yang berkata “kakak enaklah biasa pake HP ngitungnya” nahhh,,,, dari kejadian ini saya dapat menyimpulkan kemajuan jaman elektronik semakin membarak, sehingga anak-anak yang masih umur 10 thun sudah tau cara menggunakan hitungan dengan memakai alat bantu (HP). Ada halnya diman TIK itu dipandang positif. Dimana Teknologi informasi dan komunikasi memiliki pengaruh besar pada dunia dimna orang-orang mudah hidup. Demikian pula e-learning, yaitu belajar yang didukung atau difasilitasioleh TIK memiliki potensi yang cukup besar untuk mendukung pendekatan pengajaran dari hal ini sudah terlihat bahwa pembelajaran yang didukung dengan TIK bermanfaat dalam beberapa hal.
3. Tuliskan pandangan anda tentang pembelajaran pada perkuliahan Paedagogi di F. Psikologi USU semester genap TA. 2012/2013 berdasarkan tinjauan Paedagogi Teoritis dan Prinsip-prinsip Paedagogis
Jawab: menurut saya
proses tentang pembelajaran pedagogi ini sudah cukup baik karena apa yang sudah
saya pelajari saya lakukan sudah tertera dengan saya kaitkan dengan pembahasan yang
ada di buku, karena didalam buku dikatakan proses belajat mengajar yang terpadu
berfokua pada pembentukan kemampuan, ketrerampilan, dan kepribadian siswa
secara seutuhnya. Hal ini terbukti dari dampak-dampak yang di berikan dari
hasil melaksanakn tugas-tugas yang di berikan dosen pengampuh, dimna tuga-tugas
tersebut bias mengembangkan kreativitas,dan keterampilan berkomunikasi yang
lebih baik lagi. Selain itu perkuliahan pedagogi berlangsung dengan cara
berpusat pada siswanya dimmana maksudnya siswa diberi tugas oleh dosennya untuk
mewawancara guru di sekitar siswanya, agar mereka tau seorang guru itu
mempunyai beberapa kreteria tertentu pada saat mengajar seorang anak didiknya,
sedangkan kegiatan tatap muka maksudnya seorang mahasiswa dan dosen sering
bertemu pada saat perkuliahan berlangsung, dan terjadilah interaksi antara
dosen dengan mahasiswa,selanjutnya didalam perkuliahan pedagogi ini juga
terdapat pendidikan virtual dimana seorang siswa di beri kesempatan untuk dapat
atw sering menggunakan jaringan social atu pun bias disebut dengan jaringan
internet, agar dapat tau perkembangan jaman semakin meningkat agar supaya tidak
ketinggalan jaman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar